Sinergi PENS dan BPPT dalam Cyber Security

/ / Berita
Sinergi PENS dan BPPT dalam Cyber Security

PENS menandatangani piagam kerjasama dengan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) pada (19/10). Agenda tersebut digelar di gedung D4 PENS, yang mengawali focus group discussion bertema Cyber Security and Research Collaboration. Penandatanganan dilakukan oleh Edi Satriyanto, M.Si., selaku Wakil Direktur Bidang Kemitraan dan Kerjasama PENS, dan RM. Taufik Yuniantoro, MTI, selaku  Kepala Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi BPPT.

Piagam kerjasama tersebut merupakan tindak lanjut dari perjanjian yang telah ditandatangani sebelumnya. Turut hadir pula, perwakilan dari BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) yang secara penuh mendukung PENS dalam pengembangan aplikasi bernama Mata Garuda. “Aplikasi tersebut untuk memonitor keamanan informasi dalam SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik). Sementaa itu BPPT menangani manajemen pengembangan teknologi yang dipakai,” terang Ferry Astika Saputra, M.Sc., selaku Ketua Tim Pengembangan Mata Garuda. Dalam pengembangan aplikasi tersebut, PENS juga menggandeng tim dari Universitas Indonesia.

 

Sumber: PENS, ‘Sinergi PENS dan BPPT dalam Cyber Security‘, 20 Oktober 2018, <https://www.pens.ac.id/2018/10/20/sinergi-pens-dan-bppt-dalam-cyber-security/> [diakses 15 November 2018]