Teknik Mekatronika PENS Beri Pelatihan Dasar Mikrokontroler Sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat

/ / Berita
Teknik Mekatronika PENS Beri Pelatihan Dasar Mikrokontroler Sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat

Sebagai bentuk salah satu implementasi dari tri dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Masyarakat, Program Studi D4 Teknik Mekatronika telah usai menyelenggarakan pelatihan mikrokontroler berbasis Arduino. Diselenggarakan selama dua hari terhitung sejak Senin (26-27/11), kegiatan ini berlangsung di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islam Al-Amal Surabaya yang merupakan Yayasan Pembina dan Penolong Anak Yatim (PPAY) dan Fakir Miskin Al Amal. Sebanyak lima mahasiswa D4 Teknik D4 Mekatronika beserta dosen pun turut andil dalam kegiatan pengabdian masyarakat tersebut.

Pelatihan tersebut diawali dengan sambutan oleh kepala sekolah SMK Islam Al-Amal Surabaya yakni Siti Nur Afiyati, S.Pd., M.M. kemudian dilanjutkan oleh Endah Suryawati Ningrum , ST., MT. selaku Ketua Program Studi D4 Mekatronika.Tidak hanya itu, terdapat pula penayangan video profil PENS untuk memperkenalkan jurusan yang ada di PENS. Selanjutnya diberikan sebanyak 25 Modul kit Arduino  sebagai penunjang praktikum mata pelajaran pemrograman pada SMK tersebut. ” Kegiatan  ini pertama kali diadakan disekolah kami, saya berterimakasih kepada Prodi D4 Teknik Mekatronika karena telah menyempatkan waktunya untuk membagi ilmu kepada kami. Saya berharap bisa terus berlanjut ditahun mendatang, ” ujar Siti Nur Afiyati, S.Pd., M.M. selaku kepala sekolah.

Pemaparan materi mengenai pemrograman berbasis mikrokontroler menggunakan arduino, disampaikan oleh Aditya Darmawan, S.S.T., M.T., selaku dosen Prodi D4 Teknik Mekatronika. Peserta yang mengikuti pelatihan, sebanyak 40 dari kelas 10 dan 12 dari jurusan multimedia. Beberapa materi yang disampaikan kali ini seperti open source hardwarearduino board, dan bagaimana cara pengaplikasiannya. Dihari kedua turut dipandu untuk mempelajari pemrograman pada arduino lebih dalam lagi. Para siswa dan siswi tampak antusias mengikuti arahan dari pemateri.

Serangkaian kegiatan ditutup dengan pemberian simbolis dan foto bersama. “Pihak sekolah mensupport adanya kegiatan kali ini begitupun dari pihak PENS. Diharapkan kegiatan ini untuk kedepannya tetap berlanjut serta berkesinambungan. Dan materi yang disampaikan dapat berguna bagi siswa, ” jelas Novian Fajar Satria, S.ST., MT. selaku dosen.  Untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa mengenai materi yang disampaikan, turut diberikan tugas berdasarkan modul yang telah diberikan.

 

Sumber: PENS, ‘Teknik Mekatronika PENS Beri Pelatihan Dasar Mikrokontroler Sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat‘, 28 November 2018, <https://www.pens.ac.id/2018/11/28/prodi-d4-mekatronika-berikan-pelatihan-dasar-mikrokontroler-berbasis-arduino-sebagai-bentuk-pengabdian-masyarakat/> [diakses 14 Maret 2019]