Tiga Politeknik Bentuk Aliansi Kerja Sama Pengembangan Pendidikan Vokasi

/ / Berita
Tiga Politeknik Bentuk Aliansi Kerja Sama Pengembangan Pendidikan Vokasi

Politeknik Aceh Selatan (Poltas) dan Politeknik Aceh, serta Politeknik Caltex Riau (PCR) sepakat membentuk aliansi kerja sama dalam rangka pengembangan pendidikan vokasi. Penandatanganan naskah kerja sama ini dilakukan di kampus PCR, Pekan Baru, Riau, Jumat, (22/03/2019) oleh masing-masing Direktur. Yaitu Dr Muhammad Yasar, Dr Yuhanis Yunus dan Dr Dadang Syarif Sihabudin Sahid. Sebelumnya, para pimpinan dari ketiga Politeknik ini telah berkumpul di Banda Aceh pada 22 Februari 2019 dan Sabang pada 24 Februari 2019 untuk membahas bentuk kerja sama yang akan dilakukan. Menurut Dr Yasar, bagi Poltas, kerja sama dengan Poltek Aceh dan PCR merupakan kerja sama lanjutan.

“Sebelumnya kedua Politeknik tersebut merupakan institusi perguruan tinggi paling berjasa dalam proses pendirian Poltas delapan tahun yang lalu. Dulu kerja sama dilaksanakan oleh Pemkab Aceh Selatan dalam rangka menyiapkan sumberdaya pendirian Poltas,” ungkap Dr Yasar, Minggu (24/3/2019).

MoU kerja sama kali ini, tambahnya, lebih kepada pengembangan dari kerja sama sebelumnya yang berbasis kepada penerapan Tri Darma perguruan tinggi meliputi, Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian. Dari aspek pendidikan, jelasnya, akan dilakukan kerja sama seperti pertukaran mahasiswa, magang mahasiswa dan dosen, pertemuan ilmiah dan perbaikan sistem pembelajaran. Dari aspek penelitian akan ada kolaborasi riset dan publikasi ilmiah bersama.

“Sedangkan dari aspek pengabdian, akan dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara bersama melalui kolaborasi kepakaran,” jelas Dr Yasar.

Lebih lanjut, Dr Yasar menjelaskan bahwa prosesi penandatanganan MoU kerja sama antara Poltas, Poltek Aceh, dan PCR ini turut disaksikan Ketua Yayasan Chevron, Azhar, dan Wakil Direktur Polytechnic Education Development Projects (PEDP), Dr Ir Tundung Mulia Subali.

“Tundung dalam sambutannya memberikan apresiasi atas inisiatif terbentuknya aliansi kerja sama politeknik seperti ini, bahkan diharapkan aliansi seperti dapat diperluas lagi,” papar Dr Yasar.

Selain penandatanganan MoU, kegiatan ini juga diisi dengan Fokus Grup Diskusi (FGD) Pengembangan Pendidikan Politeknik dalam Era Revolusi Industri 4.0. Turut hadir peserta dan narasumber dari Politeknik Negeri Malang (Polinema), Politeknik Manufaktur Bandung (Polman), dan Politeknik Negeri Bandung (Polban).

 

Sumber: Serambi News, ‘Tiga Politeknik Bentuk Aliansi Kerja Sama Pengembangan Pendidikan Vokasi‘, 24 Maret 2019, <http://aceh.tribunnews.com/2019/03/24/tiga-politeknik-bentuk-aliansi-kerja-sama-pengembangan-pendidikan-vokasi> [diakses 24 April 2019]