Tim PENS Ukir Prestasi Internasional di Asean Skills Competition XII

/ / Berita
Tim Pens Ukir Prestasi Internasional di Asean Skills Competition XII

Tim mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ukir prestasi internasional rebut medali emas di Asean Skills Competition (ASC) ke XII di Bangkok, Thailand. Muhammad Khoirul Abdullah dan kawan-kawannya sukses membawa pulang medali emas pada Electronics Competition.

Para mahasiswa bimbingan Dr. Indra Adji Sulistijono dan Fernando Ardila, M.T., yaitu Moch. Rifki Ramdhani dan Muhammad Rois, berhasil mendapatkan medali perunggu dalam bidang Mobile Robotics Competition.  Di bidang Mechatronics Competition satu di antara alumni PENS yaitu Muhammad Ridho Cahyono, juga berhasil meraih medali perak di ajang bergengsi dan berkelas internasional ini. Pada lomba dibidang Electronics, terdapat empat task, diantaranya hardware design, software design, fault finding, repair and measurement, serta assembly projects. Ada sejumlah tantangan yang harus dituntaskan.

“Di tahap awal, kami menerima soal dari tim Philipina membuat running dice kemudian pemrograman. Ditambah mengerjakan kuis mencari kerusakan pada sebuah alat. Dan dibagian akhir merakit power saving control,” cerita Khoirul.

Dibidang Mobile Robotics Competition, disiapkan robot dan tools diluar robot yang dimodifikasi untuk menyelesaikan tantangan yang diberikan mulai dari pemrograman, kemudian trial robot, dan juga test run. Perolehan medali oleh tim mahasiswa PENS pun membanggakan nama baik PENS sendiri maupun nama baik Indonesia. Kemenangan yang sudah diraih tim PENS ini, ditegaskan Rifky Ramdhani satu diantara anggota Tim PENS, memang bukanlah puncak dari segala perjuangan atau lomba-lomba yang diikuti oleh tim PENS.

“Kemenangan ini bukanlah segalanya, ini hanyalah batu loncatan untuk sesuatu yang lebih besar. Kami berharap dapat menerapkan ilmu dan pengalaman yang telah kami dapat,” pungkas Rifky Ramdhani, Sabtu (8/9/2018).

 

Sumber: Suara Surabaya, ‘Tim Pens Ukir Prestasi Internasional di Asean Skills Competition XII‘, 8 September 2018, <http://m.suarasurabaya.net/app/kelanakota/detail/2018/209344-Tim-Pens-Ukir-Prestasi-Internasional-di-Asean-Skills-Competition-XII-> [diakses 27 September 2018]