Tim PKM Politeknik Negeri Manado Simulasi Sekolah Dasar Bersih dan Sehat

/ / Berita
Tim PKM Politeknik Negeri Manado Simulasi Sekolah Dasar Bersih dan Sehat

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Politeknik Negeri Manado (Polimdo) terus melakukan tindakan nyata mengedukasi masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan yang berdampak pada kesehatan. Salah satunya dengan menggelar simulasi sekolah dasar (SD) bersih dan sehat.

Program ini mulai dilakukan pada April hingga September 2018 di SD GMIM II Kauditan, Kawiley, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Kegiatan simulasi sekolah bersih dan sehat ini dilaksanakan 10 Agustus 2018.

“Program dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan murid-murid sekolah dasar akan pentingnya kesehatan. Tiga tujuan program ini yaitu: Pertama, sekolah dasar yang memiliki sarana tempat pembuangan sampah sementara. Kedua, sekolah dasar yang memiliki lingkungan yang sehat,” ujar Ketua Tim PKM Polimdo, Syanne Pangemanan, S.T, M.Eng.

Menurut dia, yang ketiga, sekolah dasar yang anak didik serta pemangku kepentingan yaitu pimpinan sekolah, guru-guru dan orang tua wali murid memahami dan mempraktikan pola hidup bersih dan sehat. Selain melakukan simulasi, tim sudah mengupayakan pengadaan tempat pembuangan sampah sementara berupa tempat sampah untuk sampah organik dan anorganik.

“Tim juga melakukan bimbingan teknis sekolah bersih dan sehat, dimana anak-anak di sekolah tersebut diajarkan cara hidup bersih dan sehat,” terang dia.

Diketahui, selama kegiatan ini berlangsung, kepala sekolah, guru-guru dan anak-anak sekolah tampak antusias dan bekerja sama. Hal ini karena bimbingan teknis yang dilaksanakan langsung dengan simulasi sekolah bersih dan sehat yang dilaksanakan oleh Ketua Tim dan didampingi oleh anggota tim dan mahasiswa sebagai pendamping. Adapun, program kemitraan ini didanai oleh PNBP Politeknik Negeri Manado melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

 

Sumber: Sindo Manado, ‘Tim PKM Politeknik Negeri Manado Simulasi Sekolah Dasar Bersih dan Sehat‘, 4 Desember 2018, <https://sindomanado.com/2018/12/04/tim-pkm-politeknik-negeri-manado-simulasi-sekolah-dasar-bersih-dan-sehat/> [diakses 10 Januari 2019]