Tim Poltek Pangkep Ajari Petani Cabe Bittuang Soal Teknologi Pasca Panen

/ / Berita
Tim Poltek Pangkep Ajari Petani Cabe Bittuang Soal Teknologi Pasca Panen

Tim ahli pertanian dari Politeknik Pertanian Negeri Pangkep mengajari kelompok tani cabe di Lembang Tiroan, Kecamatan Bittuang, mengenai penerapan teknologi pasca panen.

Dengan sumber pengetahuan ini nantinya, para petani tidak saja menjual cabe dalam bentuk asli ke pasar tradisional, tapi bisa diolah menjadi beberapa bentuk dan dikemas dengan baik sehingga bisa dipasarkan di pasar moderen, minimarket, supermarket, atau dijadikan oleh-oleh yang bisa bertahan lama.

Penerapan teknologi pasca panen dalam pengolahan buah cabe yang merupakan implementasi program input teknologi untuk pengembangan agribisnis cabe di Lembang Tiroan dipimpin oleh Wahyuni Zam, S.Kom.MSi dibantu oleh anggota tim Ilyas S.Kom.MKom dan Syatrawati,SP.MP.

Menurut Wahyuni Zam, melalui kegiatan ini petani diharapkan  mampu menerapkan teknologi pasca panen, yaitu mengolah cabe segar menjadi cabe bubuk. Cabe bubuk yang diproduksi telah dikemas, dilabel, dan siap untuk dijual.

“Tujuan kegiatan ini kita harapkan bisa menjadi sumber penghasilan tambahan bahkan penghasilan utama bagi kelompok wanita tani cabe,” katanya.

 

Sumber: Kareba Toraja, ‘Tim Poltek Pangkep Ajari Petani Cabe Bittuang Soal Teknologi Pasca Panen‘, <https://www.karebatoraja.com/tim-poltek-pangkep-ajari-petani-cabe-bittuang-soal-teknologi-pasca-panen/> [diakses 22 Oktober 2018]