Tingkatkan Kompetensi, 16 Penyelam Belajar di Politeknik Manado

/ / Berita
Tingkatkan Kompetensi, 16 Penyelam Belajar di Politeknik Manado

Guna meningkatkan kompetensi pada bidang penyelaman, Politeknik Negeri Manado bekerja sama dengan PADI menggelar kursus menyelam tingkat DIVE Master.

“Pelatihan ini digelar selama 24 September hingga 6 Oktober 2018, ada 16 penyelam yang tergabung dalam pelatihan ini. Fokusnya adalah peningkatan kompetensi selam dive master,” ujar Frans Rattu selaku PADI Course Director, Rabu (25/9/2018).

Pesertanya antara lain tiga orang dari mahasiswa Ekowisata Bawah Laut (EBL), yang akan diwisuda pada Kamis (27/9/2018), satu orang staf pengajar EBL, dan para penyelam yang ada di diving resort baik itu di Bunaken, Siladen dan Manado. Kegiatan ini dilaksankan di Kampus EBL Tateli Kabupaten Minahasa.

“Dalam kegiatan ini para peserta dibebaskan dari biaya aplikasi. Pelatihan ini masuk dalam kategori pelatihan Dive Master termurah,” tegas Rattu.

Pelatihan menyelam tingkat Dive Master dibuka langsung oleh Direktur Pokiteknik Negeri Manado Ir Evert N. Slat serta turut dihadiri oleh Ketua Jurusan Pariwisata Oktavianus Lintong.

Dalam sambutan dan arahannya Slat mengatakan, bahwa kegiatan ini menjawab apa yang selama ini menjadi amanah Menrestekdikti jika mahasiswa yang kuliah di Politeknik bukan hanya mendapat ijasah dan transkrip nilai.

“Tapi juga lulus kompetensi keahlian, dan ini sudah dijawab oleh tiga mahasiswa yang ikut dalam pelatihan tersebut,” ujarnya.

Selain itu menurut Slat, kegiatan ini menjawab apa yang ada pada visi Politeknik Negeri Manado yakni menjadikan Politeknik sebagai pusat pendidikan berstandart Internasional. “Ini dibuktikan dengan pelatihan yang sudah tiga tahun dilaksanakan,” tegasnya.

Ketua Jurusan Pariwisata Oktavianus Lintong menyambut baik langkah-langkah yang telah dilakukan,
dan tentunya kegiatan peningkatan kapasitas para penyelam dalam bentuk pelatihan menyelam memberikan keuntungan, sehingga dapat memberikan dampak signifikan bagi dunia pariwisata.

“Dengan adanya kegiatan ini penggembangan unit pusat pendidikan fokasi ke tranning fasilitas senter terjawab,” tutur Lintong.

Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) untuk melakukan kegiatan pemantauan dan kegiatan lain yang menunjang pengelolaan khususnya kegiatan di bawah air seperti pengembangan ekowisata.

Untuk diketahui kegiatan ini telah dilakukan sejak tahun 2016 dengan jumlah peserta 12 orang, dan tahun 2017 jumlah peserta 13 orang.

 

Sumber: Tribun Manado, ‘Tingkatkan Kompetensi, 16 Penyelam Belajar di Politeknik Manado‘, 26 September 2018, <http://manado.tribunnews.com/2018/09/26/tingkatkan-kompetensi-16-penyelam-belajar-di-politeknik-manado> [diakses 7 November 2018]