Tingkatkan Kualitas dan Hasil Produksi, Dosen PCR Lakukan PKM Terhadap UKM Kerupuk Opak

/ / Berita
Tingkatkan Kualitas dan Hasil Produksi, Dosen PCR Lakukan PKM Terhadap UKM Kerupuk Opak

Salah satu bentuk wujud Tridharma Perguruan Tinggi adalah setiap pengajar wajib melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat.

Hal inilah yang dilakukan oleh Putri Madona, S.S.T.,M.T dan Hamdani Arifulsyah, S.E.,M.Ak terhadap masyarakat di Desa Umbansari, Rumbai Kota Pekanbaru pada Sabtu (30/09). Dosen Politeknik Caltex Riau (PCR) ini memberikan bantuan peralatan dalam proses pembuatan kerupuk opak serta strategi pemasarannya.

Masyarakat Desa Umbansari yang tergabung dalam kelompok usaha jajanan tradisional ini sebelumnya menjual kerupuk opak mentah. Dengan adanya kegiatan PKM ini, masyarakat dapat menjual opak matang yang diberi mie kuah. Selain itu, masyarakat juga dapat membuat kerupuk opak berukuran lebih kecil dengan berbagai varian rasa yang dikemas dalam plastik bermerk. Dengan adanya srategi pemasaran tersebut, dapat meningkatkan daya jual opak di masyarakat.

Kegiatan PKM yang bersumber dari dana Dikti ini juga memberikan bantuan peralatan berupa tempat penjemur opak, kawat jemur opak, mesin parut ubi, oven dengan pengontrol otomatis, hand sealer, serta plastik kemasan bermerk kepada mitra yang dalam hal ini masyarakat pembuat kerupuk opak.

Pada kegiatan ini, Putri dan Hamdani juga melibatkan mahasiswa dalam hal pembuatan peralatan bantuan untuk mitra, memmbantu proses diversifikasi produk mitra, serta  membantu mencari ‘pasar’ baru sekaligus menjual opak yang sudah diolah.

“Kami juga melibatkan mahasiswa pada kegiatan PKM ini dengan harapan mahasiswa juga terlatih untuk terlibat langsung dengan masyarakat sehingga nantinya ini bisa menambah pengalaman mahasiswa dan juga dapat menumbuhkan kesadaran membantu sesama”, pungkasnya.

 

Sumber: PCR, ‘Tingkatkan Kualitas dan Hasil Produksi, Dosen PCR Lakukan PKM Terhadap UKM Kerupuk Opak‘, 1 Oktober 2018, <https://pcr.ac.id/read/20321/tingkatkan-kualitas-dan-hasil-produksi-dosen-pcr-lakukan-pkm-terhadap-ukm-kerupuk-opak> [diakses 12 Oktober 2018]