Tingkatkan Minat Bahasa Inggris, Poliwangi Bikin Game Berbasis Android

/ / Berita
Tingkatkan Minat Bahasa Inggris, Poliwangi Bikin Game Berbasis Android

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang seyogyanya dikuasai mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. Proses pembelajaran Bahasa Inggris sangat mempengaruhi minat siswa dalam mempelajari Bahasa Inggris.

Tim dosen dan mahasiswa Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) yang diketuai oleh Ika Yuniwati, S.Pd., M.Si melakukan kegiatan PKM Pengembangan Game Bahasa Inggris dengan tujuan memecahkan permasalahan pendidikan di Banyuwangi. Mitra kerjasama PKM ini adalah MI An- Najahiyyah Desa Pakistaji Kecamatan Kabat Banyuwangi yang didampingi Kepala Sekolah MI An-Najahiyyah Wahyu Hadi Martanto, S.Pd.

Murid MI-An Najahiyyah Kelas berjumlah 250 siswa dengan jumlah siswa kelas atas berjumlah 71 orang. Tim dosen dan mahasiswa Poliwangi memilih kelas atas sebagai sasaran dikarenakan siswa kelas atas sebentar lagi akan menghadapi ujian akhir nasional. Sehingga perlu kiranya adanaya upaya peningkatan minat serta kemampuan siswa di seluruh mata pelajaran.

Game yang dikembangkan terdiri dari tiga level yaitu level 1 untuk penyusunan kata melalui gambar yang diamati pada Game, level 2 untuk penyusunan kalimat melalui gambar pada Game, dan level 3 dalam bentuk RPG dengan konteks cerita anak yang menyelamatkan temannya yang sedang diculik. Pengembangan Game ini dilakukan oleh I Wayan Suardinata, S.Kom., M.T dan 4 orang mahasiswa yang terdiri dari 1 orang mahasiswa dari Program Studi Teknik Manufaktur Kapal (Bayu Septian Hadinata) , dua dari Program Studi Teknik Informatika (Moh. Bagus dan Velanda Aden), satu orang mahasiswa dari program Studi Teknik Mesin (Doni Aprilio).

Kegiatan pendampingan pembelajaran dilakukan hari Sabtu, (6/10. Proses pendampingan Game dilakukan oleh dua orang dosen Bahasa Inggris yaitu Eka Afrida Ermawati, M.Pd dan Ely Trianasari, M.Pd yang dibantu pembantu lapangan dari Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata (Maratus dan Dita).

Hal yang diharapkan dari proses pendampingan ini yaitu meningkatkan minat siswa dalam mempelajari Bahasa Inggris. Game Bahasa Inggris yang berbasis Android merupakan salah satu media untuk mencapai tujuan tersebut. Pada proses pendampingan pembelajaran tersebut dosen Bahasa Inggris juga mengajarkan cara pengucapan Bahasa Inggris yang baik dan benar, sehingga siswa selain dapat memahami kosakata dan perintah berbahasa inggris, mereka dapat memahami pelafalan.

Setelah dilakukan proses pembelajaran, murid kelas atas diminta memberikan penilaian kepada Game yang dibuat. Hasil dari penyebaran kuesioner tersebut 80% siswa merasa tertarik dengan Game yang dikembangkan. Data tersebut didukung oleh pernyataan siswa yang bernama tarwin, saya suka dengan gamenya, asyik dan seru.

 

Sumber: Radar Banyuwangi, ‘Tingkatkan Minat Bahasa Inggris, Poliwangi Bikin Game Berbasis Android‘, 24 Oktober 2018, <https://radarbanyuwangi.jawapos.com/read/2018/10/24/100061/tingkatkan-minat-bahasa-inggris-poliwangi-bikin-game-berbasis-android> [diakses 23 November 2018]