UTHM Kunjungi Polinema, Jajaki Poin MoU Kerjasama Internasional

/ / Berita
UTHM Kunjungi Polinema, Jajaki Poin MoU Kerjasama Internasional

Jurusan Teknik Politeknik Negeri Malang (Polinema) bakal menggandeng University Tun Husein On Malaysia (UTHM) pertama kali, untuk kerjasama internasional di bidang akademik dan non akademik dalam waktu dekat. Tentunya apa saja bentuk kerjasama internasional yang bakal dijalin, akan dituangkan dalam MoU agar kerjasama tersebut saling menguatkan, menguntungkan dan memberikan manfaat besar bersama.

Melalui penjajakan dan pengenalan, UTHM mengutus 7 delegasi untuk memperkenalkan apa dan bagaimana UTHM. Sementara Polinema juga demikian. Penjajakan tersebut dikemas dalam International ConferenceWorkshop, dan Call for Paper, Industry 4.0 Construction, Transportation and Sustanable Development, di Ruang Auditorium Gedung Kuliah Teknik Sipil lantai 8, Polinema, Kamis (20/9/2018).

Pemberian cinderamata oleh Dandung Novianto, kepada Haziman Wan Ibrahim, pimpinan delegasi UTHM. (rhd)

Pemberian cinderamata oleh Dandung Novianto, kepada Haziman Wan Ibrahim, pimpinan delegasi UTHM.

Mewakili Direktur Polinema yang berhalangan hadir, Ketua Jurusan Teknik Polinema Dandung Novianto, ST, MT berharap, Polinema dapat bekerjasama dengan UTHM, sebagimana kerjasama internasional dengan universitas luar negeri lainnya.

“Semoga Polinema bisa join dengan universitas-universitas di luar negeri. Termasuk UTHM, baik dalam bentuk join research, pertukaran dosen dan mahasiswa, jurnal internasional, dan lainnya,” ungkap Dandung, dalam sambutannya.

Jajaran jurusan Teknik Polinema bersama delegasi UTHM. (rhd)

Jajaran jurusan Teknik Polinema bersama delegasi UTHM.

Ketujuh delegasi UTHM, diantaranya Assoc Prof Ts. Dr. Moh. Haziman Wan Ibrahim, Dr. Mohd Irwan Juki, Dr. Norzila Othman, (Associate Professor), Dr. Ahmad Zurisman Mohd Ali (Senior Lecturer/Head of Programmer), Dr. Radin Maya Saphira Radin Mohamed (Associate Professor), dan Dr. Wahyu Mulyo Utomo, PhD (Associate Professor). Mereka memiliki keahlian di bidang teknik sipil, beton, konkrit, lingkungan, material, dan pengairan, sekaligus reviewer publikasi ilmiah internasional.

Inisiator kerjasama, Dr. Nawir Rasidi, ST, MT, mengungkapkan, upaya kerjasama internasional tengah dilakukan oleh kedua kampus. Untuk bidang akademik seperti pertukaran mahasiswa dan dosen, double degree program (misal mahasiswa D4, kuliah 3 tahun di Polinema, 1 tahun di UTHM, dapat 2 ijazah), dan lainnya. Sedangkan non akademik seperti join research, publikasi ilmiah, dan lainnya.

“Kedua kampus ini sama-sama di bidang vokasi. Peralatan di UTHM cukup canggih, Polinema bisa belajar dan aplikatif disana. Sementara UTHM bisa mencari apa yang dibutuhkan di Polinema untuk transformasi ilmu di sana,” jelas pria yang didapuk sebagai Ketua Panitia ini.

Dosen dan mahasiswa Teknik Polinema turut menyaksikan. (rhd)

Dosen dan mahasiswa Teknik Polinema turut menyaksikan.

Kepala Laboratorium Struktur ini menyampaikan, jika kerjasama internasional sudah tertuang dalam MoU, besar kemungkinan biaya kuliah dan biaya hidup menetap digratiskan atau ada pola kerjasama lain, penelitian bersama melibatkan kedua kampus di tingkat internasional, sharing jurnal penelitian Scopus, dan lainnya. “Yang pasti akan banyak manfaat dan keuntungan yang akan didapat dari kerjasama ini,” tukas Nawir.

Sementara itu, Dekan Faculty of Civil and Enviromental (FKAAS) UTHM, Assoc Prof Ts. Dr. Moh. Haziman Wan Ibrahim mendukung penuh upaya kerjasama yang dilakukan oleh Polinema dan UTHM. Menurutnya, adanya kerjasama tersebut dapat memperkuat kedua perguruan tinggi, khususnya dalam hal penelitian terbaru dibidang teknik sipil.

“Kerjasama dengan Polinema baru pertama kali, dan kita dukung penuh. Khusus joint publication, kita akan melihat apakah publication milik mahasiswa itu bagus atau tidak. Kita punya reviewer Scopus, mungkin bisa kita bantu,” kata Haziman, dengan aksen Melayunya.

 

Sumber: Momentum, ‘UTHM Kunjungi Polinema, Jajaki Poin MoU Kerjasama Internasional‘, 20 September 2018, <https://pendidikan.memontum.com/3267-uthm-kunjungi-polinema-jajaki-poin-mou-kerjasama-internasional/> [diakses 9 Oktober 2018]