Wujudkan Pengabdian Masyarakat, Polnep Gelar Pelatihan di Kabupaten Mempawah

/ / Berita
Wujudkan Pengabdian Masyarakat, Polnep Gelar Pelatihan di Kabupaten Mempawah

Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak mengadakan pelatihan manajemen keuangan bagi UMKM di Desa Galang, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah.

Kegiatan yang berlangsung pada 29-30 Oktober 2018 itu, merupakan pengabdian pada masyarakat yang menjadi satu diantara Tri Dharma Perguruan Tinggi selain Pengajaran dan Penelitian.

Dimana setiap Perguruan Tinggi, memiliki kewajiban untuk terjun langsung ke masyarakat guna meningkatkan pengetahuan dan mengajarkan masyarakat tentang ilmu baru.

Dengan tema “Mewujudkan Kemandirian dan Kewirausahaan Melalui Pelatihan Manajemen Keuangan Bagi UMKM di Kecamatan Sungai Pinyuh” kegiatan ini melibatkan 8 desa dan 1 Kelurahan yang mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Diketuai oleh Oscar Rynandi Andjioe dengan anggota Soraya, Tomy Rezano, Khamim, Yani Riyani, dan Kartawati Mardiah serta dibantu oleh mahasiswa sebagai pembelajaran bagi mahasiswa dalam menambah ilmu pengetahuan.

Oscar menilai bahwa manajemen keuangan merupakan hal terpenting yang harus dikuasai oleh setiap pelaku usaha, dengan adanya kemampuan mengelola keuangan yang baik maka akan berdampak terhadap tata kelola usaha yang baik pula

“Setelah dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini, pelaku usaha diharapkan dapat menerapkan ilmu-ilmu yang telah diperoleh pada usaha mereka masing-masing,” ungkapnya.

Dilakukaannya kegiatan ini, juga karena melihat bahwa pengelolaan keuangan merupakan satu diantara kendala yang sering dihadapi oleh pelaku usaha.

Banyak pelaku UMKM masih terkendala dalam mengelola keuangan, hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dalam melakukan pembukuan.

Banyak dari pelaku UMKM tidak melakukan pemisahan keuangan untuk kegiatan usaha dan keuangan untuk biaya hidup.

Oleh karena itu, pengelolaan keuangan tersebut masih belum menerapkan prinsip kesatuan usaha dalam akuntansi.

Maka dengan dilakukannya pengabdian pada masyarakat, berupa pelatihan manajemen keuangan ini diharapkan para pelaku UMKM di Kecamatan Sungai Pinyuh dapat mengembangkan usahanya terutama dalam hal pengelolaan keuangan.

Kegiatan pelatihan ini disambut baik oleh pelaku UMKM di Sungai Pinyuh, menurut Linda yang merupakan salah satu peserta perwakilan dari Desa Peniraman, kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi pelaku usaha, serta menambah pengetahuan kami dalam mengelola keuangan.

“Harapannya, semoga acara pelatihan seperti ini terus diadakan” ujarnya.

 

Sumber: Tribun Pontianak, ‘Wujudkan Pengabdian Masyarakat, Polnep Gelar Pelatihan di Kabupaten Mempawah‘, 1 November 2018, <http://pontianak.tribunnews.com/2018/11/01/wujudkan-pengabdian-masyarakat-polnep-gelar-pelatihan-di-kabupaten-mempawah?page=all> [diakses 3 Desember 2018]